Program Pembangunan

Dalam rangka pencapaian Visi dan Misi Desa Pelindung Jaya enam tahun kedepan maka Desa Pelindung Jaya merumuskan program Kegiatan Pembangunan jangka menengah, Program Pembangunan tersebut mencakup beberapa sektor antara lain :

Peningkatan Sarana Prasarana Pemerintahan Desa
Kondisi Sarana Prasarana Pemerintahan desa saat ini masih belum layak, Balai desa yang ada perlu rehab, kantor desa belum ada dan sampai saat ini masih menumpang di Gedung Kantor BPD untuk Pelayanan terhadap Masyarakat. Melihat kondisi tersebut menimbulkan suatu pemikiran bahwa sarana prasarana perkantoran desa perlu dibangun secara bertahap. Harapannya kedepan pelayanan masyarakat dibidang administrasi akan lebih baik. Disamping itu program peningkatan SDM perangkat desa juga menjadi prioritas di desa baik melalui pelatihan administrasi maupun kursus komputer, dengan demikian data yang dimiliki di desa akan akurat.

Peningkatan Sarana Prasarana Umum Desa
Desa Pelindung Jaya terdiri dari Tujuh dusun dengan jumlah KK sejumlah 1.531 KK. Panjang jalan tanah 18 km tersebar di Tujuh dusun, Jalan onderlagh yang telah dibangun 20 km, Jalan latasir 2,5 km, kondisi saluran air belum tertata dengan baik, jalan penghubung antar dusun V ke VI belum terbuka, banyak jalan yang melintasi rawa sehingga kondisi jalan rentan dengan longsor maka dalam kurun waktu 5 tahun kedepan harapannya jalan yang semula tanah sudah dapat ditingkatkan ke onderlagh yang semula onderlagh dapat ditingkatkan ke latasir. Program pembangunan Drainase, TPT dan gorong-gorong juga menjadi prioritas di desa Pelindung Jaya dengan demikian Saluran air dijalan dapat tertata dengan baik.

Dalam rangka menunjang kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan desa memprogramkan swadaya berupa perawatan sarana dan prasarana yang telah dibangun melalui gotong-royong secara kontinu dalam kurun waktu 5 tahun kedepan kondisi infrastruktur di desa terutama sarana perhubungan sudah memadai sehingga sudah tidak ada jalan tanah lagi. Hal ini bisa terwujud dengan akses program Pemerintah baik Pusat dan Daerah dengan didukung swadaya masyarakat.

Peningkatan Perekonomian Masyarakat
Kondisi masyarakat Pelindung Jaya dilihat dari mata pencaharian 70 % penduduk sebagai petani baik petani tanaman pangan maupun petani penangkar Pembibitan. Melihat keadaan tersebut diatas sektor pertanian menjadi prioritas program peningkatan perekonomian masyarakat desa Pelindung Jaya untuk merealisasikan hal ini maka langkah kebijakan pembangunan sarana dan prasarana pertanian harus diupayakan secara maksimal.

Dengan berkembangnya kelompok tani di masing-masing RT dan Gapoktan ditingkat desa mempermudah akses informasi tentang pertanian, minimnya sarana dan prasarana pertanian mempengaruhi penghasilan kaum petani. Maka TTG bidang pertanian dan hortikultura menjadi penting. Maka melalui perencanaan pembangunan 5 tahunan desa kami merencanakan usulan kegiatan pengadaan bantuan Mesin Alcon, Mesin Pencacah Jerami, Hand Tractor, Power Ricer, Hand Sprayer. Untuk penguatan modal Kelompok Tani berupa bantuan bibit Tanaman Pangan dan Obat-Obatan dari sektor Peternakan program usulan kegiatan bantuan Bibit sapi Limocin, Bibit Kambing Etawa, Insiminasi Ternak, Vaksin ternak. Dalam rangka pemanfaatan Kotoran ternak dan pengolahan kompos serta pengolahan pakan ternak berupa program bantuan APPO dan Mesin Penggiling Pakan ( Chopper ).

Dalam pencapaian program tersebut diatas perlu adanya berbagai penyuluhan dan pelatihan bagi warga masyarakat petani. Untuk peningkatan ekonomi bagi warga yang bermata pencaharian Pedagang, Pengrajin dan Petani Penangkar bibit, perlu dibentuk kelompok usaha/koperasi. Hal ini untuk memudahkan dalam mengakses mendapatkan Permodalan seperti contoh dengan adanya Kelompok SPP dan UEP sehingga kelompok usaha bisa mendapatkan modal pinjaman untuk usaha.

Disamping langkah tersebut diatas program pembinaan kelompok home industri juga menjadi prioritas pembangunan di desa karena dengan tumbuh kembangnya home industri akan mendongkrak pendapatan inkam perkapita masyarakat desa.

Peningkatan Sarana Prasarana Pendidikan
Tingkat usia wajib belajar masyarakat desa Pelindung Jaya 791 jiwa. Sarana dan prasarana pendidikan baik formal dan informal belum memadai, Desa Pelindung Jaya memiliki gedung pendidikan formal : 1 SDN terletak di susun VII, 1 SD MI Al-Khairiyah, 1 SD Muhammadiyah, 4 TK swasta, 3 PAUD. Untuk pendidikan informal berupa kegiatan TPQ. Dari kegiatan pendidikan TPQ desa belum memiliki gedung, dari sarana prasarana SD masih banyak yang perlu dibangun diantaranya Gedung Perpustakaan, Rehab gedung, MCK belum estándar, untuk insentif pendidik di TPQ belum teranggarkan.

Kegiatan pemuda pemudi Karang Taruna terutama dibidang olahraga juga masih sangat minim. Dengan terealisasinya kegiatan ini harapannya masyarakat Desa Pelindung Jaya bisa mendapatkan pendidikan yang lebih layak, memiliki kemampuan berpikir yang lebih maju, pemudi-pemudi karang taruna dapat memiliki prestasi dibidang olahraga dan memiliki berbagai macam ketrampilan usaha untuk dapat menciptakan lapangan kerja di desa bukan mencari kerja.

Peningkatan Kapasitas Masyarakat/Penyuluhan Pelatihan
Tolak ukur kemajuan sebuah Desa bisa dilihat dari percepatan pembangunan Infrastruktur dan Perekonomian di Desa itu, disamping itu juga didukung oleh sector yang lain, hal ini bisa tercapai apabila desa memiliki SDM yang handal. Kondisi Masyarakat desa Pelindung Jaya dilihat dari Sumber Daya manusianya masih belum memadai, untuk membentuk SDM diperlukan Program kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat melalui Pembinaan, Penyuluhan dan Pelatihan. Kegiatan Penyuluhan dan Pelatihan ini diperuntukkan bagi Kelompok Tani, Karang Taruna, Kader PKK, Linmas, Kelompok Ternak dan Kelompok Usaha Lainnya. Peningkatan SDM bagi Aparat Pemerintah Desa juga menjadi program di Desa, karena dengan adanya SDM yang handal dibidang Pemerintahan maka kemajuan desa dapat tercapai baik dibidang administrasi maupun Fisik. Program Penyuluhan dan pelatihan juga diperuntukkan bagi kelompok usaha ekonomi dengan memiliki ketrampilan usaha maka akan tercipta lapangan kerja di Desa Pelindung Jaya dengan demikian Roda perekonomian di desa meningkat untuk dapat meningkatkan Pendapatan bagi masyarakat desa.

Facebook Comments