Sejarah Desa

  

Desa Pelindung Jaya pada awalnya merupakan Daerah Umbulan yang bernama Pelindungan, yang merupakan bagian dari Desa Pempen Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Tengah.Umbulan yang bernama Pelindungan ini dikenal sebagai daerah yang paling Aman bagi para Pelarian / Buronan yang dicari – cari oleh orang – orang Belanda atau Jepang. Pada waktu itu ada semacam Kepercayaan bahwa siapapun orang yang lari dari Kejaran Orang – orang Belanda ataupun Jepang kemudian berlindung di Umbul Pelindungan ini pasti akan Selamat, dan sejak itulah Daerah Pelindungan ini mulai dikenal oleh banyak orang baik dari Dalam maupun dari Luar Daerah

Melalui Musyawarah Desa yang berjalan cukup panjang antara Kepala Desa Pempen (Bp. Hi. Ismail Karim) dengan Tokoh – tokoh Masyarakat dan Tokoh – tokoh Adat Desa Pempen yang di Fasiliatsi oleh Aparat dari Pemerintahan Kecamatan Labuhan Maringgai, pada akhirnya disimpulkan bahwa Pelindung Jaya dapat dimekarkan, karena persyaratan – persyaratan yang dibutuhkan untuk Pemekaran suatu Desa sudah dapat terpenuhi, maka pada tanggal 23 Juli 1986 dikukuhkanlah Desa Pelindung Jaya dengan status Desa Persiapan.

 

Setelah beberapa tahun kemudian Desa Persiapan Pelindung jaya, menurut Pemerintahan Kabupaten Lampung Tengah pada waktu itu dinilai telah layak untuk di Mekarkan, maka pada Tanggal 25 Maret 1991 Desa Persiapan Pelindung Jaya dikukuhkan menjadi Desa Definitif dengan Nama Desa “ Desa Pelindung Jaya “.

Facebook Comments