Pembangunan Desa

 

ADD 2015/2016

 

Gergang Indah 2015/2016

  

 

 

 

Pembangunan Desa
Adapun  pembangunan yang telah  dilakukan Oleh desa bersama sama dengan seluruh warga masyarakat desa pelindung jaya .guna mencapai masyarakat yang sejahtera diantaranya sebagai berikut:

Peningkatan Sarana Prasarana Kesehatan
Desa Pelindung Jaya memiliki 7 titik Posyandu dan 28 Kader Posyandu, 1 buah Gedung Puskesmas Pembantu lengkap dengan tenaga medis ( Bidan Desa), Poskesdes. Jumlah Balita saat ini ada 167 anak, sarana dan prasarana kesehatan yang ada masih belum memadai. Gedung Posyandu belum ada dan baru memiliki 1 unit Poskesdes dan Kesejahteraan Kader Posyandu sampai dengan saat ini belum ada, melihat kondisi seperti ini maka dalam Perencanaaan pembangunan enam tahun kedepan desa mempunyai program diantaranya usulan kegiatan pembuatan gedung posyandu, meubeler dan peralatan posyandu, kesejahteraan kader dan Pemberian makanan Tambahan untuk Balita, disamping itu dalam rangka mencegah timbulnya penyakit DBD terutama di musim penghujan, maka desa merencanakan usulan kegiatan Pengasapan/Vogging melalui dinas kesehatan dan Pengadaan Abate/bubuk tabur pembunuh jentik-jentik nyamuk. Dengan program semacam ini harapannya masyarakat Desa Pelindung Jaya terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut. Hal ini dapat terwujud tentunya dengan adanya dukungan dari Dinas Instansi terkait dan partisipasi masyarakat itu sendiri.

Sosial Budaya
Jumlah Rumah geribik di Desa Pelindung Jaya ada 50 rumah, Kelompok Kesenian Kuda Lumping ada 1 kelompok, pemakaman umum ada 2 lokasi, Kelompok usaha home industri 4 kelompok terdiri Industri Pembuatan Tahu, Kerajinan Anyaman, Makanan Ringan dan Kerajinan Tempe.

Kesemuanya ini memerlukan peningkatan secara kwalitas dan kwantitas. Melihat kondisi seperti ini program pembangunan dibidang sosial budaya menjadi sangat penting dalam Rencana kedepan desa mempunyai usulan kegiatan diantaranya : Program Bedah rumah melelaui Dissosnaker, Pengadaan Kartu Jamkesmas/BPJS, Pengadaan Peralatan Home industri dan bantuan alat Kesenian Kuda Lumping, disamping program tersebut diatas desa juga merencanakan kegiatan Perawatan Pemakaman umum, Kegiatan Bersih dusun (syukuran sehabis panen) yang sudah menjadi tradisi, Program Sunatan masal, Program Dana sehat masyarakat dan lain-lain.

Peningkatan Sarana Prasarana Keagamaan
Dilihat dari sektor keagamaan Desa Pelindung Jaya memiliki sarana ibadah Masjid dan Mushola 20 buah dan Gereja 1 buah. Program Peningkatan dibidang keagamaan menjadi prioritas pembangunan karena dengan moral dan aklak yang baik maka program pembangunan berjalan lancar.

Sarana dan prasarana tempat ibadah yang ada masih banyak kekurangan, kegiatan Perawatan sarana dan prasarana tembat ibadah melalui swadaya umat/masyarakat satu bentuk peran aktif dalam pembangunan sektor keagamaan.

Peningkatan Bidang Keamanan
Desa Pelindung Jaya memiliki 28 buah Gardu Jaga, 31 anggota linmas dan 10 anggota Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat, dari 28 buah gardu jaga 11 buah perlu direhab, kesatuan linmas dan FKPM belum maksimal dalam melaksanakan tugas. Melihat kondisi seperti ini dibutuhkan langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Dalam Rencana kegiatan dibidang Keamanan Tahun 2012 – 2017 diprogramkan antara lain : Rehab gardu jaga 11 buah, Pelatihan linmas bekerjasama dengan Kesbanglinmas, Pengaktifan Ronda malam dengan penerapan sanksi yang disepakati warga masyarakat, Penyuluhan hukum terpadu dengan melibatkan unsur tekait serta usulan pengadaan seragam dan pemberian insentif kepada Linmas dan meningkatkan peran aktif FKPM melalui koordinasi.

Disamping itu Pengadaan Kentongan di setiap rumah warga melalui swadaya masyarakat perlu dilaksanakan karena kentongan sebagai sarana komunikasi yang lebih sederhana dan efektif demi menunjang Keamanan dan usulan pemasangan lampu penerangan jalan di titik rawan gangguan keamanan melalui Dinas Pertambangan dan energi. Harapannya dengan program seperti ini tingkat keamanan di desa dapat terwujud sehingga masyarakat merasa tenang dan nyaman dalam berktifitas sehari-hari.

Peningkatan Pemberdayaan Perempuan
Desa Pelindung Jaya memiliki 89 kelompok Dasa Wisma dan kader PKK serta Kelompok Simpan Pinjam UP2K,di laksanakan di gedung PKK Desa Pelindung jaya. Melalui RPJM Desa ini Program Peningkatan Pemberdayaan Perempuan menjadi program prioritas.

Perencanaan usulan kegiatan untuk program ini antara lain : Pembuatan Gedung PKK, Pembinaan kader baik secara administrasi maupun fisik, pembinaan kelompok usaha IRT melalui berbagai macam demonstrasi/percontohan, pembinaan kelompok SPP agar dapat berkembang dengan pesat, pembinaan kelompok arisan Dasa wisma untuk berkembang menjadi Lembaga keuangan Masyarakat (LKM). Disamping itu program penanaman Toga secara swadaya dapat menunjang dalam pemanfaatan lahan pekarangan yang kosong.

Program Peningkatan Pemilikan Tanah
Jumlah kepemilikan sertifikat masyarakat desa Pelindung Jaya sampai saat ini sekitar 500 bidang pekarangan dari 2500 bidang yang ada. Artinya kurang lebih 2000 bidang tanah belum memiliki kepastian hukum secara administrasi. Seiring dengan perkembangan jaman, kedepan permasalahan tanah menjadi rentan dengan sengketa, hal ini perlu langkah antisipasi dari dini agar kelak permasalahan tersebut tidak timbul.

Program usulan pembuatan Sertifikat Tanah bagi masyarakat baik untuk pekarangan, persawahan maupun peladangan adalah solusi yang tepat. Maka secara bertahap desa memprogramkan pengajuan sertifikat melalui prona ke BPN per tahun anggaran kurang lebih 400 bidang, maka dalam kurun waktu 5 tahun kedepan semua masyarakat sudah memiliki kepastian hukum masalah kepemilikan tanah

Facebook Comments