Lomba Desa Ukur Kinerja Aparat

Lampung Timur (Lentera SL):  Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim mengatakan,lomba Desa Berprestasi tingkat Provinsi Lampung, adalah wahana mengukur kinerja aparat pemerintahan desa dan masyarakat desa dalam pembangunan.

Perlombaan desa berprestasi merupakan sesuatu yang penting untuk dilaksanakan serta perlombaan desa berprestasi mengandung makna memotivasi masyarakat dan aparat desa untuk berlomba-lomba dan bersaing secara aktif dan positif dalam membenahi fisik desa dan juga administrasi pemerintahan serta lembaga-lembaga desa.

Disamping itu, dengan perlombaan desa berprestasi akan dipacu semangat bekerja dan mengabdi bagi segenap lembaga kemasyarakatan dan secara khusus bagi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD). “Dari sudut manajemen pemerintahan, perlombaan desa berprestasi merupakan salah satu alat menajemen yang bersifat menghargai keberhasilan dan menghukum kegagalan, dengan penekanan pada perlunya memberikan penghargaan kepada siapapun yang berhasil dalam mengemban tugasnya. Oleh sebab itu maka perlombaan desa berprestasi bermakna untuk memacu semangat perangkat desa dan masyarakat untuk berpartisipasi membangun desanya,” kata Bupati Lampung Timur, Chusnunia saat  menghadiri  penilaian  lomba Desa Berprestasi tingkat Provinsi Lampung, di Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung, Senin (15/5).

Sementara Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan dan PSDA Provinsi Lampung,  Edarwan, cukup terkesan akan penggunaan teknologi dalam proses pelayan di Desa Pelindung Jaya, “Ini sesuatu yang menarik, artinya walaupun di desa kita mengikuti perkembangan teknologi,”kata dia.

Untuk itu lanjutnya, pemanfaatan budaya lokal di dalam pembangunan daerah cukup mengesankan. Artinya bagaimana desa ini mengeksplor sumber daya lokal untuk memajukan desa, maka sesuai dengan ketentuan pemerintah, bahwa perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan,”Kita coba manfaatkan partisipasi masyarakat. Dan kami yakin bahwa bapak-ibu sekalian, partisipasi masyarakat didalam pengelolaan pembangunan, itu tidak kalah penting,” ujarnya. (CANDRA)

 

http://www.lenteraswaralampung.com/berita-8076-lomba-desa-ukur-kinerja-aparat.html

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan