Chusnunia bersama 3.000 penari Meriahkan Lomba Desa Tingkat Provinsi 2017, Di Gunung Pelindung

Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan dan PSDA Provinsi Lampung, Dr, Edarwan S.E.,M.Si., memimpin rombongan tim penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2017 di Desa Pelindung Jaya, Gunung Pelindung Kabupaten Lampung Timur, Senin (15/05/2017).

Hadir pula pada kesempatan itu, Bupati Lampung Timur, Chusnunia, Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, Kapolres Lampung Timur, AKBP Harsena, S.I.K., Komandan Kodim 0411/Lampung Tengah, Letkol Inf. Jajang Kurniawan, S.I.P., Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Lampung Timur, Forkopimda dan Forkopincam Lampung Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Timur, Puteri Ernawati beserta jajaran Kepala Dinas dan Camat se-Kabupaten Lampung Timur.

Adapun indikator-indikator yang menjadi dasar dalam penilaian lomba desa tersebut antara lain, bidang pemerintahan desa yang meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, informasi berbasis teknologi/E-government dan pelestarian adat dan budaya.
Bidang kewilayahan desa meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi.

Dan bidang kemasyarakatan desa meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Dalam sambutannya kepada Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2017, Chusnunia mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan provinsi, “Selamat datang di Lampung Timur, Bumei Tuwah Bepadan. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada, kami bersyukur kehadiran bapak-ibu sekalian, yang jelas ini memberikan nuansa yang luar biasa positif. Semoga acara dapat berjalan lancar,” tuturnya.

Sementara, Edarwan yang mewakili Gubernur Lampung, Ridho Ficardo, mengungkapkan cukup terkesan akan penggunaan teknologi dalam proses pelayan di Desa Pelindung Jaya. “Ini sesuatu yang menarik, artinya walaupun di desa kita mengikuti perkembangan teknologi,” jelasnya.

Lebih lanjut,“pemanfaatan budaya lokal di dalam pembangunan daerah cukup mengesankan. Artinya bagaimana desa ini mengeksplor sumber daya lokal untuk memajukan desa.”

“Sesuai dengan ketentuan pemerintah, bahwa perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan, kita coba manfaatkan partisipasi masyarakat. Dan kami yakin bahwa bapak-ibu sekalian, partisipasi masyarakat didalam pengelolaan pembangunan, itu tidak kalah penting,” tambah Kepala Dinas Perumahan dan PSDA Provinsi Lampung itu.

Sementara, menurut Kabag Humas Setdakab Lampung Timur, Arli Rasyid mengatakan, “terpilihnya Desa Pelindung Jaya mewakili Kabupaten Lampung Timur dalam ajang Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2017 adalah setelah melewati berbagai proses dan tahapan penilaian di tingkat kabupaten dengan telah menyisihkan para peserta desa lain dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Dalam penilaian lomba desa tersebut selain menampilkan aneka kerajian rumah tangga dan kuliner, juga disuguhi atraksi Tari Cetik Kipas Melinting atau lebih dikenal dengan Tari Melinting yang diperagakan oleh Bupati Lampung Timur, Chusnunia bersama dengan 3.000 penari lain, yang terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, kelompok dasa wisma, tim penggerak PKK, penyimbang adat tokoh melinting dan unsur jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Chusnunia bersama 3.000 penari Meriahkan Lomba Desa Tingkat Provinsi 2017, Di Gunung Pelindung

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan